PROFIL

Sasaran Mutu

Program Studi Bahasa Arab

Untuk mencapai target visi program studi PBA pada tahun 2025, maka PBA mengacu pada Pedoman Garis Besar Renstra FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 2015, dengan menetapkan beberapa sasaran yang menjadi prioritas. Sasaran mutu tersebut bisa dilihat sebagai berikut :

Sasaran Mutu Prodi PBA

Strategi Pencapaian

a. Review dan
pengembangan
kurikulum PBA
Sejalan dengan dinamika perkembangan keilmuan dan perubahan
sosial, PBA melakukan evaluasi kurikulum dan kompetensi lulusan. Dari
kegiatan ini diperoleh masukan bahwa PBA perlu melakukan review dan
pengembangan kurikulum yang sesuai dengan visi misi dan tuntutan
perkembangan dunia pendidikan (Kurikulum PPG Mata Pelajaran Bahasa
Arab pra Jabatan, Kurikulum PBA berbasis KKNI)
Oleh karena itu, program studi melaksanakan review Kurikulum program
studi PBA berbasis KKNI yang melibatkan seluruh dosen Konsorsium
Bahasa Arab dengan tahapan sebagai berikut:
1). Tahap persiapan:
a. Analisis Kurikulum yang lama
b. Pemetaan Kurikulum
c. Workshop Review Kurikulum I
d. Pembuatan Model Struktur kurikulum
e. Surat penugasan Tim Penyusun Portofolio Perkuliahan
f. Pengumpulan Referensi otoritatf Mata Kuliah Keahlian Fakultas
2). Tahap pelaksanaan
a. Penulisan draf silabi dan SAP
b. Pengumpulan dan penggandaan draf silabi dan SAP
c. Pembahasan draf
d. Workshop kurikulum
e. Finalisasi kurikulum baru berbasis KKNI
f. Penyusunan draf kurikulum MKPS
3).Tahap akhir
a. Peng-SK-an kurikulum FITK
b. Penerbitan dokumen kurikulum FITK
Adapun untuk kurikulum PPG Mata Pelajaran Bahasa Arab Pra Jabatan,
program studi PBA di bawah koordinasi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan membentuk tm penyusun kurikulum yang terdiri dari:
1. Drs. Syamsul Arifn, M.Pd (Ketua Jurusan)
2. Maswani (Sekretaris Jurusan)
3. ZainalMutaqin, MA (dosen)
4. Mukhshon Nawawi, MA (dosen)
Tim tersebut telah merumuskan draf kurikulum PPG PBA yang menjadi
bahan review dalam workshop Kurikulum tahun 2016.
b. Penataan SDM • Penataan SDM
Di bawah koordinasi Universitas dan Fakultas, penataan SDM
dilakukan program studi PBA dengan cara pengembangan sistem
informasi manajemen kepegawaian sesuai dengan kebutuhan
berdasarkan peraturan yang berlaku.
Sepert penataan database
dosen melalui PDPT, home basing, epupns dan Analisis Kebutuhan
Pegawai (ABK) dosen PBA. Di samping dilakukan peningkatan
kompetensi kepribadian, sosial, pedagogis, profesional dan budaya
melalui berbagai workshop dan pelathan serta TOT, serta peningkatan
kehadiran seluruh tenaga akademik sesuai dengan jam kerja.
• Selain itu melalui universitas Kebijakan peningkatan kesejahteraan
diwujudkan dalam program pengembangan sistem insentf
(remunerasi) untuk meningkatkan kinerja SDM
yang berbasis
prestasi kerja terutama untuk tenaga administratf dan struktural.
• Sementara untuk penerapan sistem evaluasi berbasis kinerja bagi
tenaga dosen dilaksanakan secara periodik melalui program EDOM
(Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa) di bawah koordinasi LPM.
c. Terselenggaranya
proses pembelajaran/
perkuliahan
berkualitas
• Dengan cara menyusun jadwal perkuliahan melalui koordinasi dan
penyediaan draf jadwal perkuliahan, mengumpulkan bahan ajar
berupa silabi, SAP, Kisi-kisi penilaian, dan modul/hand-out yang
sesuai dengan kebutuhan
dan dikumpulkan seminggu sebelum
perkuliahan dimulai
.
d. Terselenggaranya
proses pembimbingan
dan pendampingan
mahasiswa secara
efektf
• Mengoptmalkan fungsi dosen Pembimbing Akademik (PA) minimal
4 kali pertemuan persemester, Pembimbingan Skripsi minimal
8 kali pertemuan dan selesai maksimal dalam dua semester
,
dan menerbitkan buku bimbingan akademik sejak awal semester,
serta menerbitkan buku bimbingan skripsi sebagai buku kendalai
bimbingan.
e. Terpantaunya proses
perkuliahan secara
teratur melalui
evaluasi kinerja dosen
• Dengan cara terealisasinya jumlah pertemuan minimal 14 kali
sesuai dengan kontrak perkuliahan, dan terolahnya hasil evaluasi
kinerja mengajar seluruh dosen
maksimal tga minggu setelah akhir
perkuliahan dan tuntas 100%, serta tercapainya kualitas kinerja
dosen yang diukur berdasarkan portofolio perkuliahan.
f. Terselenggaranya
evaluasi perkuliahan
(UTS dan UAS)
• Dengan cara mengatur jadwal evaluasi perkuliahan UTS untuk semua
mata kuliah setelah 7 kali perkuliahan dan hasilnya diumumkan
maksimal 2 minggu setelah UTS berlangsung. Dan melaksanakan UAS
setelah 14 kali perkuliahan yang hasilnya diumumkan maksimal 10
hari setelah UAS berlangsung.
g. Terlaksananya layanan
Praktk Profesi
Keguruan Terpadu
(PPKT)
• Dengan cara menyelesaikan layanan administrasi PPKT maksimal 2
minggu sebelum pelaksanaan yang hasilnya terselesaikan maksimal
2 minggu setelah pelaksanaan. serta membangun kerjasama antara
program studi dengan sekolah/madrasah, dan instansi lain.
h. Meningkatnya
kualitas dan karir
dosen
• Kualitas Dosen
Program peningkatan kualitas PBA ini dilakukan dengan cara
melibatkan dan memotvasi dosen untuk mengikut pelathan,
workshop, stadium general, seminar nasional maupun internasional
serta ToT baik yang dilaksanakan oleh Fakultas maupun unit lain di
bawah koordinasi Universitas. serta membangun kerjasama antara
program studi dengan sekolah/madrasah, instansi pemerintah,
alumni dan lembaga-lembaga yang relevan.
• Karir Dosen
Dengan cara mendorong dan memfasilitasi dosen PBA yang akan
melanjutkan study, sehingga pada tahun 2025 seluruh dosen program
studi PBA diharapkan seluruhnya bergelar doktor.
i. Tersedianya laporan
hasil penelitan
dan buku ajar baik
kolektf dan individual
dosen PBA serta
diterbitkannya jurnal
Arabiyyat program
studi PBA
• Memfasilitasi dosen dalam pembuatan penelitan dan penulisan
buku ajar baik individu maupun kelompok. Mendorong setap dosen
untuk melakukan penilitan mandiri serta mendorong dosen untuk
membuat tulisan di jurnal Arabiyyat jurusan PBA yang diterbitkan 2
kali setahun.
j. Penguatan Sistem
Manajemen
• Dengan melakukan penyusunan prosedur dan tata kerja sesuai
dengan aturan yang ditetapkan dan penyiapan perangkat aturan untuk
memfungsikan keseluruhan komponen manajemen sesuai dengan
sistem tersebut. Di samping itu, dilakukan peningkatan pelayanan
administrasi yang akurat dan tepat waktu serta penyelesaian keluhan
atas ketdaksesuaian administrasi.
k. Modernisasi fasilitas
serta pengembangan
jaringan ICT
• PBA di bawah koordinasi fakultas melaksanakan dual system dalam
pembelajarannya. Dual system yang dimaksud yaitu pembelajaran
dan akademik melalui tatap muka maupun melalui e-learning,
terlaksananya sistem student links secara akurat dan terbangunnya
sistem layanan akademik untuk mahasiswa yang berprestasi
dalam bidang-bidang khusus. Pengembangan berbasis ICT ini pun
diaplikasikan pada pengembangan perpustakaan sehingga pelayanan
bersifat virtual library.
• Ha ini ditargetkan tercapai pada tahun 2020
l. Pengembangan
kualitas SDM tenaga
pendidik dan
kependidikan
• Di targetkan pada tahun 2020 tenga dosen di Prodi PBA seluruhnya
sudah berpendidikan S3, dan pada tahun 2024 ada penambahan 5
guru besar

 

 

Tanda

Related Articles

Leave a Reply

Check Also

Close
Close
Close