Pembukaan Al Arabiyyah Lil Funuun Aksara 2022 dan Seminar Nasional yang diadakan oleh Himpunan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

 

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta- Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Kembali menggelar Seminar Nasional yang bertemakan “ Globalisasi Bahasa Arab Melalui Teknelogi dan Informasi di Era Sociaty 5.0”. Acara yang di gelar dalam rangka memeriahkan Al-Arabiyah Lil Funuun (ALF) Ini dilaksanakan di Aula Lantai 1 Gedung FITK.

 

العربيّة للفنون – merupakan acara besar rutinan di setiap tahunnya dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa arab yang dimana pada setiap tahunnya ALF ini mempunyai nama dan pada tahun 2022 ALF ini dinamakan dengan ALF AKSARA yang dilaksanakan berbarengan dengan seminar nasional.

 

Adapun tema dari ALF Aksara ini, yaitu “Melestarikan Bahasa Arab Melalui Kompetisi Dan Pemikiran Modern” yang mana acara ini diharapkan menjadi salah satu wadah untuk mengembangkan dan memperkuat potensi berbahasa arab melalui rangkaian perlombaan yang di adakan pada bulan yang akan mendatang.” ujar Muhammad Julianto Selaku Ketua Pelaksana Kegiatan. dikata sambutannya. 

 

Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Bahasa Arab Muhammad Khoris juga menyampaikan sambutannya, “Kita sekarang ada pada acara ALF (Al’arabiyah lil funun) dimana acara ini diadakan setiap tahunnya oleh Prodi PBA UIN Jakarta. Yang didalamnya bertujuan untuk menggelorakan dan mesyiarkan Bahasa Arab ke kancah dunia. Yang telah kita ketahui bersama bahasa arab telah menjadi salah satu bahasa yang banyak digunakan di dunia. Dan ini membuktikan bahwa kita harus selalu mengembangkan kemampuan kita dalam berbahasa arab. Terlebih lagi kita sebagai umat Muslim, yang mana setiap hari dan keseharian kita diliputi dengan bahasa arab.ibadah dengan bahasa arab, pedoman hidup kita dengan bahasa arab dengan kita mengembangkan kemampuan kita dalam berbahasa arab kita dapat meningkatkan keislaman kita.

“Hari ini merupakan acara offline selama sehabis pandemi, acara ini dibuka dengan seminar nasional yang bertema Globalisasi Bahasa Arab melalui Teknelogi dan Informasi di Era Society 5.0 semoga dengan adanya acara ini para mahasiswa bisa mendengarkan baik dan dimanfaatkan untuk didalam pembelajaran Bahasa arab” Ujar  Bapak Dr. Zainal Muttaqin, MA selaku Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

 

Acara ini juga turut dihadiri oleh Ibu Dr. Sururin, M. Ag selaku Dekan FITK sebagaiKeynote Speaker dalam sambutannya beliau memberi apresiasi serta juga kritikan, “ Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab sangat kompak buktinya hari ini hadir beberapa untuk ikutserta menyaksikan dan memeriahkan acara pada hari ini. Saya selalu mewanti-wanti kegiatan yang seperti ini harus diunggulkan, diabadikan dan diteruskan untuk sebagai penanda program studi Pendidikan Bahasa arab. ALF ini merupakan suatu kegiatan yang saya selalu menyampaikan tolong dikembangkan kegiatan yang seperti ini dilevel nasional bahkan sampai internasional.” 

Seminar Nasional yang dimoderatori oleh Bapak Imam Matin LC, M.Pd Selaku dosen PBA UIN Jakarta ini menghadirkan tiga narasumber utama yaitu diantaranya Dr. Ahmad Makki Hasan, M. Pd. I ( Ketua Umum Forum MGMP Bahasa Arab se-Indonesia priode 2017-2021),  Drs. Firman Hamdani, S. Ag (Ketua SIDP MP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) Dr. M. Izdiyan Muttaqin, LC., M. Pd. (Dosen Program Magister Kajian Timur Tengah dan Islam Sekolah Lajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia), 

Leave a Comment