Untuk mencapai target visi program studi PBA pada tahun 2025, maka PBA mengacu pada Pedoman Garis Besar Renstra FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 2015, dengan menetapkan beberapa sasaran yang menjadi prioritas. Sasaran mutu tersebut bisa dilihat sebagai berikut :
Sasaran Mutu Prodi PBA |
Strategi Pencapaian |
a. Review dan pengembangan kurikulum PBA |
Sejalan dengan dinamika perkembangan keilmuan dan perubahan sosial, PBA melakukan evaluasi kurikulum dan kompetensi lulusan. Dari kegiatan ini diperoleh masukan bahwa PBA perlu melakukan review dan pengembangan kurikulum yang sesuai dengan visi misi dan tuntutan perkembangan dunia pendidikan (Kurikulum PPG Mata Pelajaran Bahasa Arab pra Jabatan, Kurikulum PBA berbasis KKNI) Oleh karena itu, program studi melaksanakan review Kurikulum program studi PBA berbasis KKNI yang melibatkan seluruh dosen Konsorsium Bahasa Arab dengan tahapan sebagai berikut: 1). Tahap persiapan: a. Analisis Kurikulum yang lama b. Pemetaan Kurikulum c. Workshop Review Kurikulum I d. Pembuatan Model Struktur kurikulum e. Surat penugasan Tim Penyusun Portofolio Perkuliahan f. Pengumpulan Referensi otoritatf Mata Kuliah Keahlian Fakultas 2). Tahap pelaksanaan a. Penulisan draf silabi dan SAP b. Pengumpulan dan penggandaan draf silabi dan SAP c. Pembahasan draf d. Workshop kurikulum e. Finalisasi kurikulum baru berbasis KKNI f. Penyusunan draf kurikulum MKPS 3).Tahap akhir a. Peng-SK-an kurikulum FITK b. Penerbitan dokumen kurikulum FITK Adapun untuk kurikulum PPG Mata Pelajaran Bahasa Arab Pra Jabatan, program studi PBA di bawah koordinasi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan membentuk tm penyusun kurikulum yang terdiri dari: 1. Drs. Syamsul Arifn, M.Pd 2. Maswani 3. ZainalMutaqin, MA 4. Mukhshon Nawawi, MA Tim tersebut telah merumuskan draf kurikulum PPG PBA yang menjadi bahan review dalam workshop Kurikulum tahun 2016. |
b. Penataan SDM | • Penataan SDM Di bawah koordinasi Universitas dan Fakultas, penataan SDM dilakukan program studi PBA dengan cara pengembangan sistem informasi manajemen kepegawaian sesuai dengan kebutuhan berdasarkan peraturan yang berlaku. Sepert penataan database dosen melalui PDPT, home basing, epupns dan Analisis Kebutuhan Pegawai (ABK) dosen PBA. Di samping dilakukan peningkatan kompetensi kepribadian, sosial, pedagogis, profesional dan budaya melalui berbagai workshop dan pelathan serta TOT, serta peningkatan kehadiran seluruh tenaga akademik sesuai dengan jam kerja. • Selain itu melalui universitas Kebijakan peningkatan kesejahteraan diwujudkan dalam program pengembangan sistem insentf (remunerasi) untuk meningkatkan kinerja SDM yang berbasis prestasi kerja terutama untuk tenaga administratf dan struktural. • Sementara untuk penerapan sistem evaluasi berbasis kinerja bagi tenaga dosen dilaksanakan secara periodik melalui program EDOM (Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa) di bawah koordinasi LPM. |
c. Terselenggaranya proses pembelajaran/ perkuliahan berkualitas |
• Dengan cara menyusun jadwal perkuliahan melalui koordinasi dan penyediaan draf jadwal perkuliahan, mengumpulkan bahan ajar berupa silabi, SAP, Kisi-kisi penilaian, dan modul/hand-out yang sesuai dengan kebutuhan dan dikumpulkan seminggu sebelum perkuliahan dimulai. |
d. Terselenggaranya proses pembimbingan dan pendampingan mahasiswa secara efektf |
• Mengoptmalkan fungsi dosen Pembimbing Akademik (PA) minimal 4 kali pertemuan persemester, Pembimbingan Skripsi minimal 8 kali pertemuan dan selesai maksimal dalam dua semester, dan menerbitkan buku bimbingan akademik sejak awal semester, serta menerbitkan buku bimbingan skripsi sebagai buku kendalai bimbingan. |
e. Terpantaunya proses perkuliahan secara teratur melalui evaluasi kinerja dosen |
• Dengan cara terealisasinya jumlah pertemuan minimal 14 kali sesuai dengan kontrak perkuliahan, dan terolahnya hasil evaluasi kinerja mengajar seluruh dosen maksimal tga minggu setelah akhir perkuliahan dan tuntas 100%, serta tercapainya kualitas kinerja dosen yang diukur berdasarkan portofolio perkuliahan. |
f. Terselenggaranya evaluasi perkuliahan (UTS dan UAS) |
• Dengan cara mengatur jadwal evaluasi perkuliahan UTS untuk semua mata kuliah setelah 7 kali perkuliahan dan hasilnya diumumkan maksimal 2 minggu setelah UTS berlangsung. Dan melaksanakan UAS setelah 14 kali perkuliahan yang hasilnya diumumkan maksimal 10 hari setelah UAS berlangsung. |
g. Terlaksananya layanan Praktk Profesi Keguruan Terpadu (PPKT) |
• Dengan cara menyelesaikan layanan administrasi PPKT maksimal 2 minggu sebelum pelaksanaan yang hasilnya terselesaikan maksimal 2 minggu setelah pelaksanaan. serta membangun kerjasama antara program studi dengan sekolah/madrasah, dan instansi lain. |
h. Meningkatnya kualitas dan karir dosen |
• Kualitas Dosen Program peningkatan kualitas PBA ini dilakukan dengan cara melibatkan dan memotvasi dosen untuk mengikut pelathan, workshop, stadium general, seminar nasional maupun internasional serta ToT baik yang dilaksanakan oleh Fakultas maupun unit lain di bawah koordinasi Universitas. serta membangun kerjasama antara program studi dengan sekolah/madrasah, instansi pemerintah, alumni dan lembaga-lembaga yang relevan. • Karir Dosen Dengan cara mendorong dan memfasilitasi dosen PBA yang akan melanjutkan study, sehingga pada tahun 2025 seluruh dosen program studi PBA diharapkan seluruhnya bergelar doktor. |
i. Tersedianya laporan hasil penelitan dan buku ajar baik kolektf dan individual dosen PBA serta diterbitkannya jurnal Arabiyyat program studi PBA |
• Memfasilitasi dosen dalam pembuatan penelitan dan penulisan buku ajar baik individu maupun kelompok. Mendorong setap dosen untuk melakukan penilitan mandiri serta mendorong dosen untuk membuat tulisan di jurnal Arabiyyat jurusan PBA yang diterbitkan 2 kali setahun. |
j. Penguatan Sistem Manajemen |
• Dengan melakukan penyusunan prosedur dan tata kerja sesuai dengan aturan yang ditetapkan dan penyiapan perangkat aturan untuk memfungsikan keseluruhan komponen manajemen sesuai dengan sistem tersebut. Di samping itu, dilakukan peningkatan pelayanan administrasi yang akurat dan tepat waktu serta penyelesaian keluhan atas ketdaksesuaian administrasi. |
k. Modernisasi fasilitas serta pengembangan jaringan ICT |
• PBA di bawah koordinasi fakultas melaksanakan dual system dalam pembelajarannya. Dual system yang dimaksud yaitu pembelajaran dan akademik melalui tatap muka maupun melalui e-learning, terlaksananya sistem student links secara akurat dan terbangunnya sistem layanan akademik untuk mahasiswa yang berprestasi dalam bidang-bidang khusus. Pengembangan berbasis ICT ini pun diaplikasikan pada pengembangan perpustakaan sehingga pelayanan bersifat virtual library. • Ha ini ditargetkan tercapai pada tahun 2020 |
l. Pengembangan kualitas SDM tenaga pendidik dan kependidikan |
• Di targetkan pada tahun 2020 tenga dosen di Prodi PBA seluruhnya sudah berpendidikan S3, dan pada tahun 2024 ada penambahan 5 guru besar |